Rabu, 01 Juli 2009

Firmanzah, Terpilih Sebagai Dekan Termuda UI

Depok (ANTARA) - Dr. Firmanzah (32) terpilih menjadi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) periode 2009-2013 atau ke-14 setelah mengungguli tujuh kandidat lainnya Dr. Adi Zakaria, Dr. Nining Soesilo, Prof. Akhmad Syahroza, Dr. Chaerul Djakman, Dr. Syaiful Choeryanto, Arindra A. Ph,d, Prof. Sidharta Utama.
"Firmanzah mengukir prestasi sebagai dekan termuda sepanjang sejarah UI yaitu berusia 32 tahun," kata Wakil Kepala Humas, Devie Rahmawati, di Depok, Rabu.

Ia mengatakan proses pemilihan dekan telah berlangsung kurang lebih selama dua bulan. Tahapan pertama para kandidat harus memasukkan proposal, presentasi publik dan wawancara dengan panitia 11.

Panitia ini terdiri tiga perwakilan dari masing-masing departemen (ilmu manajemen, ilmu akuntansi dan ilmu ekonomu), 1 unsur alumni dan 1 unsur dari universitas. Selanjutnya, Firmanzah melaju dengan nilai tertinggi ke tahap kedua bersama Arindra dan Sidharta. Tahap ini sekaligus menjadi sesi penentuan, di mana Rektor UI akhinya mempercayakan posisi tersebut kepada Firmanzah.
Pria kelahiran 7 Juli 1976 ini, kali pertama menginjakkan kaki di FE sebagai mahasiswa S1 reguler jurusan manajemen. Dengan kesibukannya sebagai aktivis mahasiswa, Firmanzah, berhasil menyandang status sarjana dalam waktu 3,5 tahun.
Setelah sempat berkarir di sebuah perusahaan swasta dan Lembaga Manajemen UI, Firmanzah pun melanjutkan kuliah master di program pascasarjana jurusan manajemen UI. Berbekal beasiswa, Firmanzah melenggang ke Perancis.

Hanya dalam waktu 3 tahun, Fiz, panggilan akrabnya, menyelesaikan sekaligus master dan program doktoralnya (Di University of Pau et Pays de l Adour (S3) dan University of Lille (S2).

Pada tahun 2005, Fiz kembali ke tanah air dan menjabat sebagai sekretaris program Departemen Manajemen FE UI selama dua tahun. Karirnya di universitas dilanjutkan dengan menjabat sebagai deputi direktur program pascasarjana Ilmu Manajemen FE UI dan kemudian menjabat posisi direktur kantor komunikasi Universitas Indonesia pada Juli 2008.

Meskipun tergolong muda, Firmanzah mampu menunjukkan kinerja yang optimal sebagai akademisi. Selain aktif menelurkan buku diantaranya Globalisasi, Marketing Politik, Mengelola partai politik, Successful new product launching, Fiz juga aktif mengajar di beberapa Universitas di luar negeri.

Tidak hanya itu, suami dari Ratna Indraswari ini juga sering membagi ilmu dengan menjadi pembicara di banyak forum publik dengan tema yang beragam.

Sejarah mencatat, Universitas Indonesia hadir sebagai cikal bakal dan titik tolak dari pencerahan Indonesia modern, karenanya UI memikul tanggung jawab besar untuk menjadi motor perubahan bangsa. Untuk itu, mesin utama penggerak dari transformasi Indonesia dan UI khususnya ada pada kekuatan sumber daya manusia.

"Kehadiran generasi muda yang terus berkarya menjadi jawaban doa dan pengharapan peradaban untuk menggerakan masyarakat mencapai kehidupan yang lebih baik," katanya.(antara news)

0 komentar:

video

Blog Archive

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP